17 Februari 2008

Re: Top Band (5 Dec 2000), Rabu Dec 6, 2000 1:57 am
>From: "Jo, YC0LOW" <yc0low@...>
>Siapa bilang tiada peluang bagi sinyal untuk merambat di Top Band (160m) ketika hari 'siang'(usai sun >rise, saat terang surya telah masuk ke QTH kita)?

Apa yang menyebabkan sulitnya memperoleh long path communication pada low band? apakah disebabkan sulitnya memperoleh sudut elevasi pancaran yang rendah? Atau, ada sebab sebab lain yang meyebabkan sinyal pada low band tidak dipantulkan oleh ionosphire? de Firson - YD1BIH

Yth OM Firson,
Sebenarnya, semua propagasi long path menjadi lebih sulit didapat bila dibandingkan dengan short path karena perlu lebih banyak multiple hops. Apalagi di LOW bands yang faktor noise dan absorbsinya lebih besar. 
Selain sulit mendapat sudut radiasi rendah (karena antena LOW bands jarang yang bisa terpasang di ketinggian setengah panjang gelombang kerja) ada pula fator penghalang lainnya --terutama pada Top Band (160m)-- yaitu, kondisi aurora.
From: Bambang Soetrisno, yb0ko/1
Yth Firson - YD1BIH
spt tersebut dlm reply dr om jo yc0low, kondisi aurora justru yg lebih banyak "menghambat" kesuksesan top-band qso (disamping memang susahnya 'ndirikan antenna yg memang merupakan lo-angle radiator di band ini. nah, walaupun kondisi sun spot cycle 23 pd periode ini smestinya banyak mendukung kegiatan di lo band hf ada faktor lain dr "atas" sono (macam badai matahari, lintasan asteroid, lintasan komet dan lain-lain) yg justru 'nambah atmospheric noises di lo-band ini (untuk gampangnya pengamatan lihat aja kondisi propagasi di 80 dan 40 mtr beberapa hari terakhir ini, noisenya bisa s9+ sendiri. kalo' ada minat 'ngikuti 'gimana polahnya fenomena alam yg "ngrecokin" lo band tersebut ikuti saja "space-weather-forecast" dari nasa (yg websitenya bisa diakses dg gampang). kalo' nggak ketemu nanti satu dua hari ini kalo muncul di "inbox" saya 'ntar saya forward jke anda . 73 de bam, yb0ko/1 (yg lagi demen "ngamati fenomena alam ini lantaran antena putus kesabet angin ribut kemaren ini - - jadi sementara belon bisa on air lagi)

Tidak ada komentar: