17 Februari 2008

Top Band (15/03/06): ES1QD, Kamis, Maret 16, 2006 6:33 AM

Enam tahun yang lalu (15 April 2000), saya berjumpa dengan Vello, ES1QD, di 10m band, CW. 
Seingat saya, tidak ada yang istimewa ber-QSO dua-arah dengannya --kalau tidak mau disebut sebagai 'terlalu mudah' dan tiada berkesan :-) Dalam 15 menit saja, saya berhasil bekerja dengan puluhan stasiun. Yang membuat saya teringat dengannya adalah ketika kartu QSLnya tiba melalui pos langsung dengan SASE.
Hari ini saya berjumpa lagi dengannya. Kali ini di Top Band. Sejak 2030Z saya mendengar sinyalnya QSB di 1816 KHz, sedang memanggil DX. Makin lama makin menguat. Antena yang saya gunakan untuk mendengarkannya adalah inverted-L yang juga merupakan antena transmit saya. Biasanya, sulit mempercayai antena ini untuk penerimaan.
Vello memiliki 'telinga' yang baik. Usai saya mengirim call-sign saya satu kali, daya pancar 100 Watts, dia sudah langsung readback secara lengkap! 'GM JO ' ketuknya di awal. Kami pun bertukar laporan yang nilainya sama persis RST 559 (2100Z). 
Itu adalah Top Band DX QSO yang --lagi-lagi mudah-- sempurna. Mungkin, lebih mudah dari pada kontak kami terdahulu di 10m band karena, tidak ada pile-up. Vello memberi kesempatan bagi saya untuk menambahkan Estonia dalam koleksi negara DXCC di Top Band sebagai yang ke-97! Top Band: persistence pays!
PS: Yang pagi ini juga terdengar baik di Cinere antara lain: RA6DA (2114Z), HA6QE (2124Z), HL3IUA (2135Z) dan, seperti biasa: VK6HD, VK6ABL.

Tidak ada komentar: