17 Februari 2008

Top Band (26 Nov 2000), Senin November 27, 2000 7:27 am

Kondisi top band 'membaik' di hari kedua kontes CW CQWW 2000. 
Kalau sebelumnya kondisi propagasi hanya memungkinkan QSO dua-arah untuk jarak menengah, yaitu sekitar 3000 sampai dengan 5000 km (ke Jepang, Korea, Australia dan lain-lain). Namun, kemarin ada juga HS0AC (1757Z) yang rare dan sinyal saya bisa masuk lebih jauh ke Eropa utara, seperti ke UA4UDF (1737Z), RU2F (2221Z) dan Gibson, GI3OQR di Irlandia Utara (11.991 km dari Cinere) adalah stasiun terakhir dari Eropa yang menutup log kontes saya. QSOnya terjadi 3 menit sebelum sun rise di QTH saya (2226Z).
Walau membaik, jumlah stasiun yang terjaring selama delapan jam duduk di depan radio hanya sepuluh buah. Bagaimana tidak? 
Dari beberapa posting di Top Band Reflector, ternyata telah terjadi skewed (pembelokan) propagation path. Misal, sinyal dari West Coast USA ke JA biasanya mengarah Timur Laut. Tapi, selama dua hari kemarin, konon Tom, W8JI mendengar dari arah Barat Daya (!). 
Sebuah uji-coba simplex QSO 160m antara N7UA di Oregon dengan A61AJ di Dubai membuktikan bahwa, kemarin, pada 1419Z, sinyal terbaik adalah dari arah Barat Daya! Benar-benar band yang aneh. Sayang, saya tak bisa gunakan RX antena saya yang sudah lama rusak kena tebangan pohon.  
Top band: pentingnya (sebuah) sistem antena RX!

Tidak ada komentar: