17 Februari 2008

Top Band 12/03/2006, Senin, Maret 13, 2006 7:14 AM

Minggu (12/03) sore, WIB, saya melakukan re-set menu di FT-1000MP ke factory default-nya. Dan ajaib, Enhanced Digital Sinyal Processor (EDSP) kembali berfungsi setelah sekian lama mati. Padahal, re-set menu tersebut bukanlah yang pertama kali dilakukan, tapi baru kali ini berhasil! Tentu saja ini membuat kwalitas penerimaan akan menjadi jauh lebih baik.

Sayangnya, band mati, malam itu. Karena tidak ingin kehilangan fungsi DSP tersebut, saya hidupkan transceiver sepanjang malam. Pukul 20:00Z saya bangun untuk 'mencegat' stasiun 7X0RY dari Aljazair. Dalam beberapa hari terakhir, saya melihat dx-spot dari Mike, VK6HD di Perth, yang menegaskan bahwa sinyal stasiun langka ini tergolong kuat di sana. Tapi, anehnya, sama sekali tidak terdengar di Cinere. Mungkin telah terjadi 'searchlight propagation'.

Band saya temukan dalam keadaan berisik. Noise floor di sekitar S7 dengan RX loop antenna (plus pre-amp) yang ketinggiannya telah saya naikkan menjadi enam meter di atas permukaan tanah. Bila menggunakan antena TX tipe inverted-L, maka noise ada di S9+. Namun di 1810.3 KHz, saya dengar dengan jelas UA4UDF, walau QSB. Stasiun dari European Russia ini sering terdengar. Pertama kali saya jumpai di pada Nopember 2000. Saya tertegun dan menikmati beda antara bunyi ketukannya secara analog dan yang diproses secara digital dalam jarak sekitar 9000 km! Indah sekali di kuping.

Ketika sinyalnya sedang peaking, saya mengirim call-sign saya dua kali. Daya maksimum 100 Watts. Dia langsung menyahut dengan sebuah readback dan memberi RST 559 (20:27Z), sedangkan saya mengirim RST 579 untuknya. Untuk memberi petunjuk ke Top Bander lainnya di seluruh dunia, saya mengirim spot ke DX Cluster di internet (20:31Z) berisi: 'UA4UDF, 1810.3, TNX 100W' yang dibalasnya pada 20:37Z : 'YC0LOW, FB QSO'

Beberapa saat kemudian, saya QSY ke 1811 KHz untuk memanggil DX. Sekitar 21:00Z ada yang merespon dengan lemah. Beberapa kali saya minta dia melengkapi callsign-nya dengan nomornya 'QRZ RA?UF?" namun, tidak berhasil hingga akhirnya dia menghilang. Di 160m DX Cluster saya lihat JA2DPC mengirim spot 'YC0LOW' (20:54Z). Rupanya, sinyal saya terdengar juga di Jepang.

Band yang makin berisik --dan kemudian mati total-- tidak memungkinkan saya menemukan 7X0RY. Apakah masih akan ada kesempatan? Top Band: where dit-and-dah could do it so fast, humanely and accurately...

Tidak ada komentar: