17 Februari 2008

Top Band (24/02/2006), Sabtu,, Februari 25, 2006 11:17 AM: Kehadiran YB1YCJ dan YC1HBP

Makin banyak saya stasiun-stasiun Indonesia yang terdengar di top and dalam mode CW. 
Kemarin (24/02/2006) dua stasiun baru terdengar di 1821 KHz menanggapi panggilan CQ saya, yaitu: YB1YCJ (1203Z) dan YC1HBP (1209Z). 
Kondisi band sangat buruk. Noise level konstan ada pada S7 serta static crashes berkesinambungan. Kepada stasiun pertama saya kirim RST 569. Namun secara tiba-tiba sinyalnya sulit terbaca sehingga saya beberapa kali minta diulang. Kemudian, dengan stasiun kedua pun kejadiannya mirip. Setelah saya kirim RST untuknya, dia tidak terdengar lagi. Mengapa, ya?
Walau tidak sempurna, dua top band QSO tersebut, menurut saya, sah karena kami sudah saling 'read-back' the callsign. 
Mungkin kedua operator stasiun-stasiun tersebut di atas dapat membagi pengalaman mengapa terjadi yang demikian, di maillist ini. Bagaimana dengan set-up stasiun-stasiun tersebut?
Terima kasih untuk 'kejutan'nya. Semoga jumpa lagi dalam kondisi propagasi yang lebih menyenangkan di top band.

Tidak ada komentar: