10 Februari 2008

Stasiun Filipina (DU) pada Top Band (160m), Sabtu Mei 26, 2001 5:04 am

Stasiun DU pada Top Band (160m), Sabtu Mei 26, 2001 5:04 am

Januari 1997 adalah awalnya saya bergiat di top band. Strateginya saat itu adalah sederhana: mulai memburu dan mengumpulkan konfirmasi stasiun dari negara tetangga -- ASEAN dan sekitarnya. Ini strategi 'kuno' yang berlaku juga bagi para dx-er pada high-bands. Disebut 'kuno' karena sesungguhnya populasi top band DXer di ASEAN tidak banyak. Saat itu, cuma ada Ross, 9M2AX; Nick, 3W5FM, Di Indonesia ada: John, YB0JAX; Phil, YB0ARA/9 dan lain-lain. Sedangkan di Australia jumlahnya lebih banyak dari pada Indonesia. Setidaknya, tiap hari ada, Mike, Vk6HD; Steve, VK6VZ; Peter, VK6APZ; David, VK3EW.

Operasi di DU-land umumnya dilakukan oleh operator pendatang. Demikian juga di Myanmar, Laos, Kamboja. Dan tentu saja jadwalnya tidak menentu. Singkat cerita, hingga awal tahun 2001 saya tidak pernah mendengar --apalagi mengonfirmasi-- stasiun dari DU-land pada top band., sampai akhirnya muncul Gill, 4F2KWT pada kontes WPX CW 2001. Tapi ternyata, masih ada saja halangan untuk memenuhi keinginan tersebut. Pertama, di saat kontes tersebut, Gill tidak mendengar saya. Kesempatan makin kecil karena belakangan saya tahu bahwa dia bukan tipe genuine top bander karena tuntutan pekerjaannya yang berpindah-pindah pulau di Filipina.

Ketika akhirnya saya berQSO dengannya (16 Pebruari 2001, 2209Z, 1824 KHz, CW ) tentu saja hati ini senang bukan main. Langkah berikut adalah mengirimi dia kartu QSL secara langsung. Tapi hingga empat minggu kemudian belum berbalas. Dalam e-mail-nya kepada saya, dia menyatakan bahwa dia sudah balas. Tapi, heran mengapa belum tiba. Lalu, saya masih harus menunggu dia membalas setelah dia pulang dari Macao selama beberapa minggu kemudian. Setelah menunggu empat tahun lamanya, hari ini kartunya tiba dengan selamat. DU-land CFM pada log saya dan menjadi negara DXCC yang ke-83 di band misterius tersebut.

Top band: semoga diberi tambahan kesabaran dan panjang umur untuk memperoleh tujuh belas sisanya...

Tidak ada komentar: