10 Februari 2008

3D2CI pada Band 80m, Kamis Oktober 11, 2001 4:45 am

Tim dxpedisi 3D2CI (Conway Reef) pasti repot mengatasi masalah antena dan perangkat catu-dayanya karena 'demand' pada LOW bands (80m, 40m) dan 160m begitu besar.

Dari beberapa mail-lists, saya dapat memantau bahwa sejak masa persiapan, mereka sudah berusaha keras untuk menggunakan antenna Titanex vertikal (yang konon dianggap paling praktis untuk LOW bands dx-pedition, hingga saat ini). Terakhir, saya baca bahkan mereka kesulitan daya listrik dan sering beroperasi 100 Watt saja.

Walau ada perasaan pesimis, Rabu sore saya buru-buru pulang dari kantor agar bisa tiba di rumah untuk memantau 3D2CI. Soalnya, hingga sehari sebelum kegiatan mereka akan berakhir, saya belum mendengar mereka. Pada DX Custer PHO 80m, saya hanya mendengar stasiun YC0IEM dan YC1GEG sedang dx-ing. Lalu kami bertiga terlibat rag-chewing sampai 1415Z juga dengan YC0KNK dan YB0KO/1. QSO berlingkar di 80m tersebut usai ketika saya pamit untuk makan malam. Saya beruntung karena sebelum memadamkan radio, saya sempat memeriksa DX Cluster. Pada 3795 KHz saya dengar ketukannya (dia gunakan mode CW): "3D2CI up". Dua dari operator dalam tim tersebut saya kenal di udara sebagai operator top band berpengalaman, sehingga saya tahu harus QSX UP cukup 2 KHz. Panggilan saya dijawab 3D2CI dan diberi RST 599 pada panggilan kedua (1430Z). Sebuah negara DXCC baru masuk dalam log 80m. Saya bujuk dia untuk QSY ke top band, tapi dia menjawab "1600Z". Artinya sekitar satu jam lebih kemudian. Selama itu pula saya monitor terus 3D2CI di sana.

Sinyalnya makin kuat tapi tak satu pun terdengar stasiun YB/YC yang masuk (mungkin sudah duluan dari saya, ya?- Jo). Pukul 1600Z saya sudah siap-siap di top band, bahkan memanggil CQDX selama 30 menit. Tapi tak ada tanda-tanda dari 3D2CI. Bahkan, dia terdengar lagi di 3795 KHz mengirim "3D2CI up EU". Mungkin antena top band mereka sudah digulung.

DX-ing pada LOW bands adalah ramuan dari pesimisme, time-investment, keberuntungan dan kegembiraan!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

masih dalam taraf penjajakan, kerena saat ini kita masih belum bisa buka di engine engine yang lain

Anonim mengatakan...

supaya mudah diakses oleh teman di berbagai kalangan, maupun komunitas komunitas yang beragan
semua engine bisa di akses