10 Februari 2008

Propagasi DX pada Band 80m, SSB, Senin September 24, 2001 5:01 am

Sabtu dan Minggu kemarin merupakan kesempatan bagi saya untuk menikmati pembukaan propagasi DX di 80m, SSB, dengan mendengarkan beberapa stasiun YC/YB ber-QSO dengan stasiun dari Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada).

Pembukaan seperti itu bisa disebut indah karena mendengar QSO DX seperti itu adalah lebih baik dari pada kontes doubling untuk adu kuat daya pancar--yang konon merupakan virus tradisional di VHF-- yang akhir-akhir ini sering terdengar pada saat net lokal Indonesia di 80m, SSB.

Hampir semua stasiun yang saya dengarkan kemarin (YC0UTC, YB2LAB, YC1LPL, YC1GEG, YC2CTE,YC1ZAB dan lain-lain) menemukan sasaran DXnya dengan hanya menggunakan daya 100 Watt dan antena sederhana (dipole, inverted-V)! Ini membuktikan bahwa mitos bahwa di LOW bands harus bekerja dengan daya besar adalah keliru. Sebaliknya, agar tidak menjadi hal yang kebetulan semata, pembukaan DX seperti itu seyogyanya merangsang kita untuk mempelajari faktor-faktor penentu yang memungkinkan optimalisasi DX QSO di 80m, termasuk berdisiplin untuk mendengar sinyal yang lemah sekaligus belajar mengelola lalu-lintas QSO DX dalam sebuah net agar efektif dan efisien. Harap diingat bahwa DX Window pada 80m, SSB, sangat sempit sehingga jangan sampai stasiun dari negara lain menjadi terkendala (contoh: stasiun-stasiun dari VK hanya diizinkan main DX dari 3798 sampai 3800 KHz). Happy DXing!

Tidak ada komentar: