10 Februari 2008

Top Band (12/10/2001), Jumat Oktober 12, 2001 3:03 pm

George, W2JVN, selain menjadi teknisi senior di Yaesu Amerika Serikat, adalah juga seorang top bander. Kontak saya dengannya terjadi pada Desember 2000, sekitar 1529Z. Saat itu dia memanggil Anton, YB5QZ, berkali-kali tapi tiada berjawab. Rupanya fenomena search light propagation sedang terjadi ke Cinere sehingga saat itu kami dapat ber-QSO dengan mudah. Pertemuan kedua baru saja terjadi (1301Z) pada 1825.5 KHz. Saya dua kali memanggil CQ dan dia masuk dengan mudah (RST 559). Dia mengirim laporan RST 579.

Dengan QSO ini, saya sadar sepenuhnya bahwa propagasi terbuka ke pantai barat Amerika Serikat - setelah menunggu lama, sejak September 2001. Jadi, saya lanjutkan memanggil CQ dengan optimisme tersebut. Ternyata benar, secara berturut-turut, terjaringlah stasiun-stasiun: N7DD (1319Z), N8GZ (1325Z), K6NA (1335Z), W6AJJ (1350Z), dan W7VN (1355Z). Tiga di antaranya adalah kontak untuk kedua kalinya. Sinyal terkuat berasal dari Larry, N7DD.

Rata-rata laporan yang saya terima adalah RST 559, suatu hasil yang lumayan bila mengingat daya yang saya pancarkan cukup 150 Watt. Lalu, ada WA5VGI yang mengirim pesan ke DX Cluster untuk mengejek saya yang disebutnya no ear, karena saya tak menjawab panggilannya. Usut punya usut, ternyata dia memanggil saya pada 1827.9 KHz, padahal saya bekerja pada 1827.5 KHz. Mungkin, begitulah watak seorang operator dari AS -- yang konon negara 'superpower'. Biar salahnya sendiri tapi tetap mencela!

Top band: where only gentlemen are supposed to be there...

Tidak ada komentar: